Minggu, 16 Oktober 2011

Posting/Pengeposan (Artikel) Blog


Pada bagian B sudah diperkenalkan secara singkat bagaimana cara pengeposan. Lebih detail akan kita bahas di sini.

1.      Pengenalan Toolbar


Untuk merubah jenis hurup yang di gunakan


Untuk merubah ukuran hurup (heading) 
Untuk Menebalkan hurup
Untuk memiringkan hurup

Untuk merubah warna hurup
Untuk membuat link
Untuk membuat artikel menjadi rata kiri
Untuk membuat tulisan menjadi di tengah
Untuk membuat artikel menjadi rata kanan
Untuk membuat artikel menjadi rata kiri dan rata kanan
Untuk membuat sub bahasan oleh angka
Untuk membuat sub bahasan oleh bullet
Untuk mengecek spelling
Untuk memasukan gambar(upload gambar)
Untuk membuat artikel dalam kode HTML
Untuk membuat artikel dalam mode Compose (biasa)
Untuk me review (melihat) artikel


Cara penggunaan toolbar di atas adalah blok (beri tanda) terlebih dahulu tulisan yang akan di edit, kemudian tekan tombol toolbar yang diinginkan.

2.      Posting (pengeposan) Baru

Langkah-langkah dalam memposting suatu artikel:

1)      Tekan menu “posting” pilih “entri baru”
2)      Isi Judul posting baru sesuai dengan isi/materi posting
3)      Ketik teks/tulisan di area posting. Ada dua mode penulisan “Edit HTML” dan mode “Compose”.  Mode yang pertama, penulisan artikel bisa disertai dengan kode HTML. Bagi yang belum memahami dan hanya bisa mengetik biasa seperti pada “Ms.Word” gunakan saja mode yang kedua. Namun, sebaiknya sedikit-sedikit harus belajar memahami penulisan HTML agar konten Anda bisa lebih menarik. Misalnya membuat tulisan berjalan, tulisan scrolling, dsb. Bila Anda sudah mempunyai artikel yang sudah dibuat oleh text editor (misalnya: notepad) tinggal copy paste saja. Namun untuk copy paste dari word harus hati-hati kadang-kadang mengalami kendala. Pengalaman saya, sebelum teks dari word di copy paste sebaiknya fomatnya dihilangkan dulu.
4)      Klik tombol tool upload gambar jika anda ingin memasukan gambar ataupun photo untuk menghiasi postingan anda. Klik pula tool-tool lainnya pada toolbar sesuai dengan fungsinya.
5)      Klik tombol “Preview/Pratinjau“ untuk melihat hasil penulisan posting Anda yang nantinya akan tampil di dalam blog. Edit kembali tulisan kalau ada yang perlu diperbaiki.
6)      Tombol lain yang ada saat posting adalah “Post Option” yang berisi antara lain option “komentar pembaca” izinkan atau tidak. Pilih “izinkan” kalau tulisan bisa dikomentari pembaca.
7)      Selain itu ada input teks untuk mengisi label. Anda bisa memberikan label, misalnya “bahan ajar” jika yang diposting adalah bahan ajar. Tujuannya untuk mengelompokkan semua postingan yang berlabel sama menjadi satu. Pada pembahasan menu “Rancangan” nanti Anda akan memasukkan gadget “labeling” ini untuk ditampilkan di blog. Bila label tidak diisi, Anda masih bisa mengisinya belakangan melalui menu “edit entri”
8)      Klik tombol “publish / Terbitkan Ertri“ untuk menyimpan dan sekaligus menerbitkan posting di blog. Tulisan Anda akan bisa dilihat dan dibaca oleh seluruh dunia. Kalau tidak ingin tulisan ini tampil di blog, klik tombol “Simpan/Save Now”. Postingan akan disimpan dalam bentuk “Draft” dan sewaktu-waktu bisa diterbutkan (di-publish) bila Anda menginginkan.
9)      Untuk mengoptimalkan fasilitas yang ada pada text editor pengeposan ini, ada baiknya Anda mencoba seluruh fungsi yang ada pada toolbar.

3.      Melihat atau Mengedit Posting

 

Langkahnya:

1)      Tekan menu “posting” pilih “edit entri” maka muncul seperti gambar pada halaman berikut.

2)      Tempatkan kursor pada salah satu artikel yang ada dalam daftar posting lalu klik “edit” jika ingin mengeditnya kembali. Nanti akan masuk ke “editor posting” seperti pada waktu memposting “entri baru”. Silakan diedit, kalau sudah klik kembali tombol “Publish / Terbitkan Ertri“ atau pilihan lain seperti saat posting baru,
3)      Klik “Lihat” untuk melihat posting tampil di blog.
4)      Klik “Hapus” jika ingin menghapus postingan atau memberi centang/cek pada kotak kecil di depan satu atau lebih postingan, lalu klik tombol “HAPUS YANG DIPILIH”
5)      Centang/cek pada kotak kecil di depan satu atau lebih postingan yang belum dipublikasikan (masih draft) , lalu klik tombol “PUBLIKASIKAN YANG DIPILIH” jika ingin menerbitkan/mempublikasikan postingan yang masih draft.
6)      Untuk memberi/mengisi label pada postingan yang belum ada labelnya caranya adalah centang/cek pada kotak kecil di depan satu atau lebih postingan yang belum berisi label, lalu klik panah kecil menu “Dropdown” yang bertuliskan “aksi label”. Daftar label akan terbuka, lalu klik salah satu label yang sudah ada sebelumnya atau klik label baru dan isi nama labelnya lalu klik ok.
7)      Jika ingin menghapus label caranya centang/cek pada kotak kecil di depan satu atau lebih postingan, lalu klik panah kecil menu “Dropdown” yang bertuliskan “aksi label”. Jika menu dropdown sudah terbuka, cari tulisan hapus label. Dibawah “hapus label” terdaftar nama-nama label. Klik salah satu nama label yang akan dihapus. Maka label dari postingan yang  terpilih akan dihapus. Ingat satu postingan bisa memiliki lebih dari label. Jika nama label tertentu dihapus, maka nama label lainnya pada postingan terpilih tetap ada.





0 komentar:

Posting Komentar