Minggu, 16 Oktober 2011

Rancangan Blog

1.      Perancang Template
Dari menu “rancangan” ini yang pertama akan dibahas adalah “perancang template”. Perhatikan gambar berikut:

1)      Bagian atas gambar “perancang template blogger (blogger template designer)”. Sedangkan bagian bawah gambar adalah tampilan blognya. Apabila terjadi perubahan pada perancang template maka perubahannya akan bisa langsung dilihat pada tampilan blog.
2)      Pilih “Templates” untuk memilih template yang disediakan blogger. Silakan pilih sesuai selera Anda.
3)      Pilih “Background” untuk mengubah latar belakang blog. Bisa dengan memilih warna atau gambar yang disediakan blogger.
·         Klik “main color theme” jika ingin memilih warna background.
·         Klik “Background images” jika ingin memilih gambar background
Gambar yang dapat dipilih berdasarkan kategori seperi: abstrak, seni, bisnis, perayaan, hiburan, keluarga, dan lain-lain.
·         Kalau sudah dipilih, klik “DONE”. Jika ingin membatalkannya klik “CANCEL”
4)      Pilih “Adjust Widths” untuk mengatur ukuran lebar templates.
·         Klik dan drag “Entire blog” untuk menambah dan mengurangi ukuran lebar blog.
·         Klik dan drag “right sidebar” (sidebar kanan) untuk menambah dan mengurangi ukuran lebar sidebar kanan.
·         Klik dan drag “left sidebar” (sidebar kairi) untuk menambah dan mengurangi ukuran lebar sidebar kiri.
5)      Pilih “Layout” untuk mengubah layout.
·         Klik “body layout” untuk mengubah layout body blog (pilihan: satu kolom tanpa sidebar, dua kolom dengan sidebar kanan atau sidebar kiri, tiga kolom sidebar kanan dan kiri, dll.)
·         Klik “footer layout” untuk mengubah layout footer. Silakan pilih salah satu dari pilihan yang disediakan blogger. 
6)      Pilih “Advanced” untuk mengubah font, ukuran, dan warna latar, links, judul blog, teks tab, latar tab, judul posting, entri, gadget, catatan kaki, tautan catatan kaki, dan tambah CSS.
7)      Untuk mengakhiri dan menyimpan perubahan, klik “APPLY TO BLOG”
8)      JIka Anda sudah lebih jauh mengenal template, maka kreativitas mengutak-atik tampilan dengan sendirinya akan muncul dan mungkin mengasikkan apalagi kalau sudah bisa mengubah template dari “Edit HTML”. Template gratis atau bayar dari penyedia template di luar blogger sangat banyak jumlahnya, bahkan jauh lebih menarik dan lebih profesional. Kalau Anda sudah tahu bagaimana caranya mungkin Anda akan terlena dengan urusan template ini.  Untuk sementara cukup dari template yang disediakan blogger yang tidak kurang jumlahnya dan juga cukup menarik.

2.      Elemen Laman




1)      Elemen bisa ditambah, dihapus, dipindah dari satu posisi ke posisi lain dengan cara klik mouse dan drag ke posisi yang baru, kecuali untuk elemen yang dikunci.
2)      Untuk menambah elemen, klik “tambah Gadget” (bisa di sidebar kiri/kanan atau di header/footer) sesuai selera dan kebutuhan Anda. Misalnya untuk menambah gadget “calendar” yang pas sesuai ukuran adalah sidebar kanan/kiri.
3)      Ketika “tambah gadget” ditekan maka akan muncul pilihan berbagai “gadget” yang bisa ditambahkan di blog, seperti gambar berikut:





4)      Gadget yang bisa ditambahkan di blog dari opsi gadget seperti yang tertera pada ketiga gambar adalah: ikuti lewat email, entri popular, statistic blog, laman, pengikut, kotak penelusuran, HTML / JavaScript, teks, gambar, tampilan slide, baris video, polling, label, tautan berlangganan, logo, profil, arsip blog dan header halaman.
5)      Itu baru yang ada pada menu “Dasar-dasar”. Silahkan, klik pula menu “Unggulan”, “Paling Populer”, dan “Gadget Lainnya”,
6)      Gadget yang umumnya dimasukkan di blog adalah: profil (profil pemilik blog), arsip blog (daftar postingan berdasarkan tanggal/bulan/tahun penerbitan), label (daftar postingan yang dikelompokkan berdasarkan nama label), recent post (postingan terbaru), recent comment (komentar terbaru), calendar, statistic,  pengikut. Untuk sementara silakan dicoba untuk memasukan gadget ini di blog. Caranya:
·         Klik “tambah gadget”, maka akan terbuka daftar pilihan gadget seperti gambar di atas.
·         Cari gadget yang akan dipasang dengan menelusuri daftar gadget
·         Kalau sudah ditemukan, coba Anda klik dan ikuti perintah-perintah selanjutnya.
·         Klik “SIMPAN”.

7)      Untuk menghapus gadget dari element rancangan, caranya:
·         Klik “edit” pada elemen yang akan dihapus
·         Setelah terbuka kotak edit gadget
·         Klik “HAPUS”.

8)      Untuk melihat gadget yang sudah dipasang, klik “Lihat Blog”.


3.      Sepintas Gadget “HTML/JavaScript dan Text”

1)      Untuk memasukan teks pada elemen, klik “tambah gadget” pilih gadget “text”. Selanjutnya isi  judul dan uraian tulisan pada kotak yang telah disediakan dan jangan lupa klik “SIMPAN”.
2)      Bagi yang sudah mengenal HTML, akan paham betul apa yang bisa diisikan pada gadget tersebut apakah skrip sendiri atau sekedar mengisikan skrip html yang sudah disediakan pihak lain.
3)      Untuk memasukan kode HTML atau Javasript, klik gadget “HTML/JavaScript. Selanjutnya isi judul dan kotak uraian yang telah disediakan dengan teks, gambar, animasi flash, dll. dengan memasukan teks biasa atau skrip HTML, lalu klik “SIMPAN”.
Contoh skrip HTML untuk membuat tulisan berjalan “Selamat Datang”:
<marquee>Selamat Datang</marquee>
Jika Selamat Datang ditulis dengan huruf tebal (bold) tinggal ditambahkan:
<marquee><b>Selamat Datang</b></marquee>
Contoh membuat text-link dengan tulisan “Media Belajar Plus” dan bila ditekan akan membuka alamat http://www.mediabelajarplus.com:
<a href="http://www.mediabelajarplus.com">Media Belajar Plus</a>
Jika text link-nya bisa berjalan dari bawah ke atas dalam kotak, tapi saat mouse ada di atas kotak link-nya berhenti dan saat dijauhkan berjalan lagi atau jika link-nya ditekan dapat membuka alamat link http://www.mediabelajarplus.com, maka skrip-nya seperti ini:
<marquee direction="up" align="center" scrollamount="2" style="border:2px solid" width="100%" height="200px" onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()" ><a href="http://www.mediabelajarplus.com">Media Belajar Plus></marquee>
Arah berjalannya dari bawah ke atas (direction), tulisannya center, ukuran kotak (lebar 100% dan tinggi 200px), serta border 2px solid.

Dari skrip HTML yang paling sederhana hingga yang kompleks bisa dimasukkan di gadget “HTML/JavaSript” termasuk memasukkan di “posting editor”. Ini semua untuk mempercantik blog. Anda jangan khawatir, kalau belum memahami bahasa JavaScript dan HTML, karena banyak skrip yang siap pakai atau sedikit pemahaman untuk mengeditnya.

1 komentar:

mantap gan,,thank's gan infonya ya gan,,,keren banget gan

Posting Komentar