Senin, 21 Maret 2011

SKENARIO PEMBELAJARAN BERBASIS CTL

SKENARIO PEMBELAJARAN BERBASIS CTL

“Melalui Analisis Gambar/Video”

  
Topik/Kegiatan
:
Membedakan kasus HAM dan bukan HAM serta mengkonstruksi pengertian HAM
Kompetensi Dasar
:
Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM
Bidang Studi
:
PKn
Kelas/Semester
:
7/2
Waktu
:
4 X 40 menit

A. TUJUAN
Siswa menemukan perbedaan konsep HAM dan bukan HAM kemudian mengkonstruksi nya dalam pengertian HAM.

B. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media :
1.     Gambar-gambar dan video-video yang menampilkan gambar/video yang berhubungan dengan HAM dan bukan HAM
2.     Satu lembar pengamatan.

C. SKENARIO PEMBELAJARAN
1.      Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu, yaitu mengidentifikasi gambar/video yang ditayangkan melalui LCD projector,  yang dilatihkan adalah siswa mampu membedakan mana gambar/video yang berhubungan dengan konsep HAM dan mana yang  bukan HAM, kemudian mengkonstruksi pengertian HAM.
2.      Siswa dibagi dalam empat kelompok, dengan cara guru menghitung siswa satu, dua, tiga, dan empat. Yang nomor satu masuk kelompok satu, yang nomor dua masuk kelompok dua, dan seterusnya.
3.      Setiap kelompok diberi lembar pengamatan untuk mengidentifikasi tayangan gambar/video apakah termasuk dalam kasus HAM atau bukan HAM
4.      Guru menayangkan beberapa gambar/video yang termasuk dalam HAM dan bukan HAM, kemudian kelompok mengidentifikasi gambar/video tersebut termasuk dalam kasus HAM atau bukan HAM, hasilnya dimasukan ke dalam lembar pengamatan.
5.      Kelompok berdiskusi menemukan alasan mengapa gambar/video tersebut masuk dalam kasus HAM dan bukan HAM, dilanjutkan dengan kegiatan mengkonstruksi sendiri pengertian HAM.
6.      Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain menanggapinya.

D. PENILAIAN
Data kemajuan diperoleh dari  :
1.      Partisipasi setiap siswa dalam kerja kelompok.
2.      Lembar kerja kelompok.
3.      Cara siswa menyampaikan menyampaikan presentasi di depan kelas

Catatan :
Setelah berakhir, lakukan refleksi atas pembelajaran itu!
1.      Tanyakan kepada siswa, "Apakah kalian senang dengan kegiatan tadi?" Dengan cara itu, kalian lebih mudah menyusun pragraf deskripsi.
2.      Refleksi CTL :
o    Proses Inquiri muncul pada saat kelompok mengidentifikasi kasus HAM dan bukan HAM serta menemukan criteria/alasan apa yang membedakan HAM dan bukan HAM
o    Learning community muncul pada kerja kelompok dan saling menebak dengan kelompok lain.
o    Quesioning muncul dalam kegiatan kelompok saat siswa mengidentifikasi dan menemukan kriteria/alasan yang membedakan HAM dan bukan HAM
o    Konstruktivisme muncul pada saat kelompok mengkonstruksi sendiri pengertian HAM.
o    Refleksi muncul ketika siswa merefleksi pengalaman-pengalaman belajar yang telah diperolehnya.

 

Analisis Hambatan dan Solusi


KEGIATAN
KEUNGGULAN
HAMBATAN
SOLUSI

Mengidentifikasi gambar/video yang berisi fakta, issue, atau kasus yang ditayangkan melalui computer + LCD projector


·   Proses Inkuiri

·   Gambar/video dapat menarik siswa.

·   Membantu memahami suatu yang abstrak menjadi konkret

·   Ada aktivitas melihat dan mendengar.

·   Memudahkan menampilkan fakta, issue, dan kasus melalui gambar /video

·   Memungkinkan dilaksanakan bagi sekolah yang memiliki fasilitas multimedianya.

·   Sarana LCD cukup canggih untuk menampilkan tayangan gambar/video dalam ukuran besar

Bagi siswa
·      Gambar/video cocok bagi yang tipe visual-audio.





·      Kesulitasan mengidentifikasi gambar/video




·  Aktivitas siswa dalam belajar tidak hanya mengidentifikasi gambar/ video juga divariasikan dengan kegiatan diskusi/ kerja kelompok.

·  Identifikasi gambar/video disertai lembar pengamatan
·  Ada kriteria yang jelas dalam identifikasi gambar/video.

Bagi Guru
·   Kesibukan guru bertambah karena harus menyiapkan gambar/video yang berisi fakta, issue, dan kasus.













·   Tidak semua guru memiliki kemampuan membuat video dan mengoperasikan perangkat komputer + LCD projector

·   Pembuatan gambar/ dipersiapkan lebih awal.
·   Dibuat secara bertahap atau disediakan waktu khusus.
·   Untuk memudahkan, gambar bisa diambil dari guntingan surat kabar/ majalah, internet.
·   Tidak perlu membuat video, cukup merekan dari TV, download dari internet atau membeli video yang dijual di pasaran.

·   Diadakan pelatihan multimedia dan pengoperasian perangkat kcomputer + LCD



·   Tidak semua sekolah/ guru memiliki fasilitas multimedia.
·   Menampilkan gambar tidak perlu melalui computer + LCD, cukup berupa guntingan gambar dan video cukup ditampilkan di TV


Siswa melakukan kegiatan berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan alasan/ kriteria mana yang termasuk HAM mana yang bukan, kemudian mengkonstruksi pengertian HAM.


·   Learning community

·   Inkuiri

·   Konstruktivisme

·   Quesioning
Bagi siswa
·   Siswa hanya berkelompok dengan orang-orang tertentu.

·   Siswa kesulitan bekerja dalam kelompok


·   Siswa kesulitan menemukan alasan/ kriteria mana yang termasuk fakta, issue, atau kasus HAM mana yang bukan HAM 

·   Kesulitan mengkonstruksi HAM

·   Pembentukan kelompok harus dirotasi


·   Guru membantu mengarahkan dan mengawasi kerja kelompok.

·   Guru membantunya siswa memberikan pertanyaan-pertanyaan pengarah.




·   Guru membantu dengan metode pencapaian konsep (menggabungkan kriteria-kriteria menjadi satu pengertian)


0 komentar:

Posting Komentar