Senin, 21 Maret 2011

SKENARIO PEMBELAJARAN VCT

Strategi Pembelajaran Inovatif

SKENARIO PEMBELAJARAN VCT
oleh: A.Z. Arifin

Topik/Kegiatan
:
Perlunya penerapan  norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat-istiadat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyara kat, berbangsa dan bernegara
Bidang Studi
:
PKn
Kelas/Semester
:
7/1
Waktu
:
80 menit 

A. TUJUAN
Siswa mendeskripsikan tingkat kepatuhan terhadap hukum serta menemukan solusi untuk meningkatkan kepatuhan terhadap hukum.

B. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media :
1.       Jalan raya dan pengendara sepeda motor
2.       Lembar pengamatan pelanggaran

C. SKENARIO PEMBELAJARAN
No
Kegiatan Belajar
Waktu
1.







Kegiatan Pendahuluan
a.    Berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
b.    Memejamkan mata sejenak untuk merefleksi hal-hal yang menyenangkan atau mengesankan diikuti ekspresi.
c.    Membuka pelajaran dilakukan dengan:
1)      Penjajakan kesiapan belajar perlunya penerapan  norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
2)      Mendeskripsikan singkat bahan ajar
3)      Menginformasikan esensi tujuan belajar dan relevansi bahan ajar.

10  menit





2.













Kegiatan  Inti

1.      Pelontaran Stimulus: berita liputan dari surat kabar.
RSDU Porak Poranda
Merasa mendapatkan pelayanan yang baik dari tim medis RSUD Sungai Sapiah, Padang. Sabtu (12/4) lalu sekitar pukul 19.00 WIB, keluarga korban tabrak lari di Lubuak Buayo ngamuk. Ruang IGD rumah sakit tersebut diporakporandakan. Batu-batu menghancurkan kaca-kaca yang ada di sekitar ruang IGD oleh 15 orang yang mengaku keluarga korban tabrak lari tersebut.
Dari keterangan piket rumah sakit setempat, dr. Linda dan dua perawat, Rida dan Faisal mengakui kejadian itu berawal saat pihaknya menerima kiriman seorang korban tabrak lari di Lubuk Buayo sekitar pukul 17.00 WIB oleh seorang supir yang menggunakan mobil Pick up. Setelah ditangani rumah sakit ternyata korban luka ini tidak dapat ditolong. Dokter Linda yang menangani merekomendasikan agar korban dikirim ke RS M. Gjamil Padang.
Akan tetapi ketika Linda ingin memberitahu masalah itu, sopir yang mengantarkan korban tidak berada di tempat lagi. Sehingga korban dibiarkan tergeletak di ruang RSUD. “Fasilitas di RSUD Padang tidak memadai korban kecelakaan ini,” terang Linda yang dibenarkan Kepala Bagian Pelayanan Medias dr. Gulwin.
Namun ketika keluarga korban yang datang melihat kondisinya sekitar pukul 19.00 WIB, tidak terima. Ketika melihat saudaranya tidak ditangani dokter yang bertugas di RSUD. Sehingga tanpa piker panjang massa mengamuk melempari RSUD Padang hingga porak poranda. Akibatnya jendela kaca RS banyak pecah dan peralatan medis lainnya berantakan. Sementara itu dr. Linda dan dua orang perawat piket Rida dan Faisal menyelamatkan diri.
…. (Posmetro Padang: Senin, 14 April 2008)

2.      Proses Klarifikasi: Guru mengajak siswa untuk memikirkan pilihan yang mana yang akan dipilih siswa dengan pertimbangan baik-buruk / layak-tidaklayak / pantas-tidak pantas. Ajak siswa menganalisis berita liputan di atas sebagai berikut:
a.       Garis bawahi berita di atas hal-hal yang baik/layak/pantas dengan warna hitam dan yang tidak baik/layak/pantas dengan warna lain (merah/biru atau lainnya! Pikirkan alasan dari pertimbanganmu itu!
b.      Kemudian isilah hasil pilihanmu dan pertimbanganmu dalam format berikut:
Pertimbangan Siswa
Alasannya
Hal yang baik/layak/pantas:
1.
2.
3.
Dst.

1.
2.
3.
Dst.
Hal yang tidak baik/layak/pantas
1.
2.
3.
Dst.

1.
2.
3.
Dst.

3.      Analisis nilai, norma, moral: Bawa siswa untuk menganalisis pilihannya dengan mengajukan NMNr yang bersifat menggoyahkan dan atau memperkuat pilihan siswa. Arahkan ke target nilai yang kita harapkan.
4.      Guru mengkaitkannya dengan materi pokok “Perlunya penerapan  norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat”.
5.      Penyimpulan: Guru menuntun siswa menyimpulkan NMNr yang positif yang ada sebagai konsekuensi atas pilihannya itu.
60 menit

10’
































20’

































10’




10’


10’

3.
Kegiatan Penutup
a.    Refleksi dilakukan dengan:
1)   Meminta pendapat siswa tentang cara belajar hari ini (memberikan kemudahan atau sebaliknya)
2)   Menyimpulkan hasil belajar konsep dan bukti penerapan  norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat.
b.   Penjajagan hasil belajar.
c.    Tindak lanjut untuk mencari masalah-masalah sosial dari penerapan  norma, kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat.
d.   Berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.

10 menit

D. PENILAIAN
Data kemajuan diperoleh dari  :
1.      Partisipasi setiap siswa dalam melakukan kegiatan.
2.      Cara siswa menyampaikan pendapatnya

0 komentar:

Posting Komentar