Senin, 21 Maret 2011

SKENARIO PEMBELAJARAN “INKUIRI PENGAMATAN LANGSUNG”


SKENARIO PEMBELAJARAN 
“INKUIRI PENGAMATAN LANGSUNG”

Topik/Kegiatan
:
Membedakan kasus HAM dan bukan HAM serta mengkonstruksi pengertian HAM
Kompetensi Dasar
:
Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM
Bidang Studi
:
PKn
Kelas/Semester
:
7/2
Waktu
:
4 X 40 menit

A. TUJUAN
Siswa mendeskripsikan tingkat kepatuhan terhadap hukum serta menemukan solusi untuk meningkatkan kepatuhan terhadap hukum.

B. MEDIA
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media :
1.       Jalan raya dan pengendara sepeda motor
2.       Lembar pengamatan pelanggaran

C. SKENARIO PEMBELAJARAN
1.   Guru menjelaskan rencana kegiatan saat itu, yaitu melakukan pengamatan terhadap pengendara sepeda motor serta menganalisis mengapa melakukan pelanggaran.
2.   Siswa dibagi dalam empat kelompok, dengan cara guru menghitung siswa satu, dua, tiga, dan empat. Yang nomor satu masuk kelompok satu, yang nomor dua masuk kelompok dua, dan seterusnya.
3.   Setiap kelompok diberi lembar pengamatan untuk mengisi jenis pelanggaran dan banyaknya pelanggaran.
4.   Kelompok 1 ditugasi melakukan pengamatan di jalan raya.  Kelompok 2 ditugasi di jalan perumahan. Kelompok 3 ditugasi di lingkungan sekolah, dan kelompok 4 ditugasi di lingkungan perusahaan (waktu pengamatan dibatasi 30 menit).
5.   Kelompok berdiskusi untuk menganalisis jenis dan tingkat pelanggaran serta menemukan alasan pelanggaran serta cara/solusi dalam mengatasi pelanggaran tersebut.
6.   Kelompok mendiskusikan hasil pengamatannya dihubungkan dengan tingkat kepatuhan hukum dalam masyarakat.
7.   Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain menanggapinya.

D. PENILAIAN
Data kemajuan diperoleh dari  :
1.         Partisipasi setiap siswa dalam kerja kelompok.
2.         Lembar kerja kelompok.
3.         Cara siswa menyampaikan menyampaikan presentasi di depan kelas

Catatan :
Setelah berakhir, lakukan refleksi atas pembelajaran itu!
1.      Tanyakan kepada siswa, "Apakah kalian senang dengan kegiatan tadi?" Dengan cara itu, kalian dapat menemukan sendiri jawabanya bagaimana tingkat kepatuhan masyarakat terhadap hukum serta cara meningkatkan kepatuhan.
2.      Refleksi terhadap inkuiri :
o    Proses Inquiri muncul pada saat kelompok dihadapkan dengan suatu masalah, berhipotesis, melakukan pengamatan untuk mengumpulkan data, menganalisis data hingga membuat suatu kesimpulan
o    Di samping juga muncul Learning community, Quesioning, Konstruktivisme, dan Refleksi sesuai pembelajaran CTL.

Analisis Hambatan dan Solusi


KEGIATAN
KEUNGGULAN
HAMBATAN
SOLUSI

Melakukan pengamatan terhadap pengendara sepeda motor untuk menemukan jenis dan banyaknya pelanggaran


·   Pengalaman belajar langsung dari kehidupan nyata.

·   Menggunakan sumber belajar di luar kelas (lingkungan).

·   Menemukan jawaban melalui proses inkuiri.

·   Ada aktivitas melihat, mendengar, dan melakukan.











Bagi siswa
·      Kesulitan mencari lokasi yang tepat untuk melakukan pengamatan pelanggaran lalu lintas kendaraan sepeda motor di tida titik yang berbeda.

·      Kesulitasan mengidentifikasi jenis pelanggaran dan banyak pelanggaran.



·  Sebelum pelaksanaan guru melakukan survey mencari tempat yang strategis untuk melakukan pengamatan.



·  Guru membatasi jenis pelanggaran misalnya hanya pelanggaran dalam penggunaan helm.
·  Guru menyiapkan format pengamatan
·  Membantu pengamatan dengan peralatan yang ada misalnya kamera.
·  Ada pembagian tugas dalam kelompok (yang mengamati, menghitung, menulis, dst.)
Bagi Guru
·   Kesulitan dalam mengawasi kelompok siswa saat melakukan pengamatan.












·   Guru menunjuk kordinator masing-masing kelompok.
·   Guru turut mengawasi proses pengamatan pada setiap kelompok
·   Antara kelompok siswa yang satu denggan yang lain tidak terlalu berjauhan supaya mudah dipantau
·   Dalam pengawasan jika perlu dibantu guru yang lain
·   Guru melakukan penilaian proses selama pengamatan.

Berdiskusi dalam kelompok untuk menganalisis jenis dan tingkat pelanggaran serta menemukan alasan pelanggaran serta cara/solusi dalam mengatasi pelanggaran tersebut


·   Learning community

·   Inkuiri

·   Konstruktivis-me

·   Quesioning

·   Problem Solving
Bagi siswa
·   Hanya berkelompok dengan orang-orang tertentu.

·   Kesulitan bekerja dalam kelompok

·   Kesulitan menganalisis data


·   Waktu tidak cukup untuk menganalisis data menyimpulakan dan mencasi solusi.

·   Kelompok dibentuk oleh guru dan dirotasi


·   Dibimbing guru


·   Diberi panduan pengolahan dan analisis data.

·   Beri waktu yang cukup untuk mengerjakan di luar KBM (di rumah).

0 komentar:

Posting Komentar