Materi yang diperoleh dari perkuliahan "strategi pembelajaran inovatif" (dosen: Bapak Helmi Hasan dan Bapak Daman Yanin)
Pendekatan dalam pembelajaran:
ekspositori (ceramah) --------> discoveri
berpusat pada guru --------> berpusat pada siswa
Seperti pendulum, semakin ke kiri (ekspositori) semakin terpusat pada guru. Semakin ke kanan (doscoveri) semakin terpusat pada siswa.
Dari ekspositori dan discoveri ini lahir model-model pembelajaran yang tak terhingga. Model-model yang ada mungkin bisa kita terapkan di kelas, namun dalam prakteknya tidak ada guru menerapkannya secara utuh. Pada kenyataannya, guru harus mampu meramu, kalau mungkin mampu melahirkan model-model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tujuan, kondisi, dan kebutuhan siswa.
Dalam pembelajaran KBK/KTSP:
- guru tidak lagi ceramah dalam pembelajaran, tapi harus berupaya mengembangkan potensi anak (kreativitas, minat, dan bakat)
- pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru, melainkan harus lebih berpusat pada siswa.
0 komentar:
Posting Komentar